Kamis, 25 April 2019

LINGKARAN BUDI



Menjalani layaknya kehidupan normal manusia tergolong makhluk sosial yang selalu ketergantungan dengan manusia lainnya. Mulai dari memenuhi kebutuhan primer, sekunder, bahkan sampai tersier. Dibalik semua itu setiap orang pasti pernah menerima bantuan dan pertolongan baik sengaja atau tidak sengaja oleh orang lain. Bahkan yang memberi atau diberi pertolongan tersebut ada yang dikenal ataupun belum kenal sama sekali. Terbesit dalam hati bagaimana untuk membalasnya dan belum tentu kita mampu memberikan pertolongan yang sama atau lebih. 

Jika anda memberikan bantuan atau pertolongan kecil atau besar pada orang lain, hindari mengharapkan agar suatu saat orang tersebut memberikan bantuan atau pertolongan terhadap anda. Lebih baik rasakan syukur bahwa anda telah mampu memberikan bantuan sehingga memudahkan orang tersebut.

Perlu dicatat bahwa ketika anda menjalani kehidupan dan tanpa disadari seiring berjalannya waktu, anda akan mendapat pertolongan dari orang lain dan percaya bahwa itu dari hasil pertolongan yang pernah anda lakukan. Namun hal ini berbeda yaitu orang yang memberikan pertolongan tersebut tidak sama. Layaknya sebuah lingkaran banyak hal datang dari segala penjuru. Ketika sadar akan hal ini, tidak ada lagi rasa menunggu bantuan kembali dari orang yang pernah anda bantu. Kalau awalnya tidak kenal menjadi kenal dan komunikasi baik bearti lewat bantuanlah anda mendapat teman baru.

Karena mengharapkan balas budi tersebut keliru, apa lagi setelah anda pernah membatunya kemudian merasa tidak dibantu lagi malahan memusuhinya atau kapok membantunya. 

Kumpulan-kumpulan pahala baik yang anda lakukan suatu saat pasti anda peroleh kembali bahkan dalam bentuk yang berbeda, mengetahui hal itu anda perlu syukur dan merenungkan sesekali setiap perjalan hidup anda. Jika orang yang pernah anda bantu kemudian suatu saat ketemu disuatu tempat tidak menyapa, anda tidak boleh lagi mempermasalahkan yang sudah lewat terkait bantuan yang pernah anda berikan. Pertanyaannya kenapa tidak anda yang menyapa duluan?

Pada akhirnya yang mendapat bantuan pun tidak menjadi beban lagi setelah menerima bantuan dari anda yang tidak mengharapkan bantuannya kembali. Percayalah setiap orang yang bertemu dengan anda bukan tidak sengaja melainkan kesengajaan. Jika sudah tidak ada komunikasi lagi, ya selesai layaknya film-film. Karena orang yang didekat anda saat inilah yang anda perlu banyak lakukan kebaikan untuk kehidupan selanjutnya. (**)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar