Selasa, 20 Juni 2023

ARTI VISI BAGI SATUAN PENDIDIKAN


Langkah awal dalam merancang Pendidikan yang berkualitas adalah dengan merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan Pendidikan. Penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan Pendidikan harus berpusat pada peserta didik. Arti visi bagi saya adalah merupakan sebuah mimpi dan target di masa depan yang mesti dicapai untuk perubahan yang lebih baik. Sehingga visi bukan hanya sekedar kalimat kekinian yang disusun di atas meja dalam waktu yang singkat dan hanya dilakukan oleh pimpinan atau beberapa orang dari sebuah instansi saja. Jika visi dalam satuan Pendidikan tentu merupakan cita-cita bersama dari warga sekolah yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga sekolah seperti, guru, murid, dan orang tua murid.

Visi sekolah dapat bervariasi tergantung pada filosofi, nilai-nilai, dan fokus pendidikan yang diadopsi oleh sekolah tersebut. Berikut adalah beberapa contoh impian sekolah yang umum dan sebagai pemantik dalam menentukan cita-cita bersama:
  • Menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berpusat pada siswa, di mana setiap individu dihargai dan didorong untuk mencapai potensi maksimalnya.
  • Menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan siswa untuk sukses di era global yang terus berubah.
  • Membangun karakter siswa yang baik melalui pendidikan moral, etika, dan nilai-nilai positif.
  • Menumbuhkan semangat inovasi, kreativitas, dan pemikiran kritis dalam proses belajar siswa.
  • Menyediakan lingkungan yang aman, menyenangkan, dan mendukung bagi siswa agar merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar.
  • Menekankan kolaborasi, kerjasama tim, dan keterampilan sosial untuk mempersiapkan siswa menjadi warga yang berkontribusi dalam masyarakat.
  • Memperluas kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka melalui program ekstrakurikuler yang beragam.
  • Mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas dan bertanggung jawab.
Berikut adalah contoh pertanyaan yang dapat digunakan untuk menggali informasi serta masukan dari warga sekolah dalam merancang sebuah visi.

Survei pada murid

Apa kebutuhan yang ingin dipenuhi di Satuan Pendidikan?
Sekolah seperti apa yang kamu inginkan?
Hal apa yang paling ingin didapat di satuan Pendidikan?
Apa yang paling penting bagi kamu di satuan Pendidikan?

Survei pada orang tua murid

Mengapa memilih satuan Pendidikan ini?
Apa harapannya terhadap satuan Pendidikan?
Pribadi murid seperti apa yang diharapkan?
Apa hal penting yang perlu dipelajari di sekolah?

Survei pada GTK

Mengapa memilih profesi sebagai pendidik/bekerja di satuan pendidikan? Apa yang ingin dicapai?
Apa harapan bagi pelajar yang ada di satuan Pendidikan ini? Jika mereka keluar atau sudah lulus ingin mereka jadi individu seperti apa?
Apa nilai-nilai yang anda percayai? Bagaimana menanamkan itu pada pelajar? Apa perubahan diri yang diharapkan terjadi? 

Informasi yang didapat melalui survei di atas akan dianalisis kembali oleh pimpinan dan tim pengembang sehingga dapat melahirkan visi sebagai cita-cita Bersama sebagai gambaran masa depan yang tetap berpusat pada murid. Selanjutnya mampu memberikan arahan atau panduan dan memotivasi dengan mengkemasnya secara realistis, kredibel, dan atraktif. Sehingga mudah dipahami oleh warga sekolah, relatif singkat jelas, dan berfokus pada mutu.

Harap dicatat bahwa visi satuan Pendidikan dapat bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan (misalnya, sekolah dasar, sekolah menengah, atau perguruan tinggi), karakteristik satuan pendidikan serta konteks sosial dan budaya di mana sekolah berada. Setiap sekolah memiliki visi dan misi sendiri yang mereka tuju untuk mencapai keunggulan pendidikan. Seperti apapun visinya jika didasari atas kebersamaan tentu akan menjadi visi yang hebat dan dapat menghantarkan sekolah pada Pendidikan yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar