Selasa, 22 Mei 2018

PENDIDIKAN MENGIKUTI PERUBAHAN APA MENYESUAIKAN SDM MURID


Pendidikan sebagai penentu masa depan bangsa masih dipandang sebelah mata. Mengingat pendidikan itu penting maka janganlah digunakan sebagai uji coba berbagai upaya hanya untuk pembeda. Walaupun zaman kian selalu berubah terus bagaimana cara pendidikan itu mengikutinya. Itu sebuah pertanyaan sederhana namun cenderung sulit untuk dibuktikan.

Sekarang ini apapun sudah maju utamanya pradaban yang semakin komplek. Pendidikan yang terjadi saat ini kalau salah diartikan akan menjadi saling memaksa antara karakteristik siswa menyesuaikan metode atau sebaliknya metode mengikuti karakteristik siswa. Apalagi beberapa metode sudah dipandang negatif untuk digunakan. 

Guru yang memvariasikan metode dalam pembelajaran itu baik, tapi guru yang menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik siswa itu sangat baik walaupun itu metode yang telah dipandang negatif atau kuno saat ini. Sehingga ketika guru ingin mencoba menyesuaikan metode dengan karakteristik siswa dan kebetulan metode jadul yang digunakan maka guru tersebut dikatakan belum mengikuti zaman. 

Jika sebaliknya guru mengajar seperti yang diharapkan sepenuhnya dan mengabaikan karakteristik siswa itu justru menghianati hakekatnya pendidikan. Student center atau teacher center itu hanya perspektif belaka. Apabila pendidik dan peserta didik mengenal hakekatnya belajar yaitu dari tidak bisa menjadi bisa, dari kurang paham menjadi paham, intinya ketika belajar mengalami perubahan sikap, pengetahuan, serta keterampilan itulah keniscayaan.

Sehingga yang terbaik itu dalam pembelajaran tetap menyesuaikan dengan karakteristik siswa sekalipun itu metode yang dipandang negatif saat ini karena yang terpenting itu kembali kehakekatnya belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar